Penampilan



Kenapa penampilan bagi customer service adalah hal yang penting?

Karena menurut gw customer service adalah orang yang merepresentasikan perusahaannya dihadapan pelanggan, siapa yang ditemui pelanggan ketika ada sesuatu yang perlu mereka urus?Pasti customer service, tidak mungkin pemimpin perusahaan yang menemui langsung pelanggan.

Mungkin kita masih ingat kalimat sebuah iklan "kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda", begitu penting kesan sebuah pertemuan pertama, sehingga ada orang muda-mudi yang berkenalan diinternet dan belum pernah bertemu, dan ketika mereka berencana bertemu muka untuk pertama kali, mereka berusaha tampil semaksimal mungkin, agar kesan yang dulu ditangkap saat mereka hanya bertemu didunia maya, tidak mengecewakan kenalan mereka tersebut.


Kenapa orang yang interview pekerjaan berusaha tampil semaksimal mungkin, agar terkesan positif dihadapan si pewawancara?


Ada yang bilang "don't judge book by its cover"yup itu benar, tapi mungkin kita juga pernah mendengar ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa saat orang bertemu dengan orang lain untuk pertama kali, lebih dari 70 persen yang pertama kali mereka nilai dalam benak mereka adalah penampilan orang tersebut.


Apa kesan yang timbul oleh pelanggan, jika saat mereka bertemu dengan customer service yang penampilanya lusuh, tidak segar, rambut tidak tertata dengan rapi dan tampak tidak sehat,baju tidak disetrika dengan rapi, sepatu terlihat berdebu dan solnya tampak percikan lumpur?Ditambah parah lagi dengan penerimaan yang kurang ramah?




Kita bisa bayangkan, jika pelanggan yang datang itu memang berangkat dari rumah menuju pusat pelayanan pelanggan dengan kekewaan dan emosi, pasti hal ini akan semakin menambah emosinya, bagi perusahaan hal ini adalah kondisi yang cukup mengkawatirkan, krn mereka bisa kehilangan satu pelangganya.


Jadi bagi saya, penampilan customer service adalah sesuatu yang seharusnya menjadi perhatian utama, karena image, kesan yang ditangkap pelanggan tentang perusahaan itu bisa saja dimulai dari penampilan sang customer service

Tidak ada komentar: