Energi Positif


Saya baru saja membaca sebuah buku yang tidak ada kaitanya dengan pelayanan pelanggan, buku yang saya baca itu adalah tentang bagaimana kita bisa menjalin hubungan yang baik dengan semua orang.Bukan tentang teknik menjalin hubungan yang baik dengan orang lain yang ingin saya ceritakan disini, tapi salah satu cerita yang terdapat di buku itu yang benar benar dialami si penulis.


Penulis buku tersebut menceritakan bahwa dia sudah menjadi nasabah setia dari sebuah bank dalam waktu yang cukup lama, sebenarnya ada beberapa bank baru yang sudah membuka cabang dekat sekali dengan rumah tinggalnya, sehingga sangat mudah di akses, tetapi si penulis tidak berniat untuk memindahkan tabunganya ke bank yang dekat rumahnya.

Jika tidak apakah itu karena bank langgananya memberikan bunga dan tawaran yang jauh lebih menarik?tidak, karena bunga yang diberikan hampir sama dengan bank lainnya, apakah karena bank yang dekat rumahnya kurang berpromosi atau memberikan tawaran menarik untuknya, tidak juga, karena dia juga menerima surat penawaran dari bank-bank tersebut, tetapi dia tetap setia menjadi nasabah bank lamanya, walupun jaraknya lumayan jauh dari rumah.


Ternyata penyebab dia bertahan disitu adalah karena ada seorang teller wanita yang berhasil menciptakan ikatan emosional dengannya, bukan dalam artian asmara tetapi teller wanita itu menurutnya adalah wanita yang sangat menarik, antusiasme, keramahan dan kebaikkanyalah yang membuat dia selalu setia kesana, menurut si penulis, wanita tersebut memancarkan energi yang sangat positif dengan semua sikap pribadi yang positif juga yang dimilikinya, hal ini tidak hanya dia sendiri rasakan, tetapi juga beberapa nasabah lain, dan dia juga yakin, energi positif yang dipancarkan wanita itu juga mempengaruhi bukan saja para nasabah tetapi juga rekan-rekan kerjanya.


Dari cerita ini si penulis tampak begitu mengagumi teller tersebut, bahkan hal ini telah membuat dia tetap setia menjadi nasabah, walaupun banyak tawaran-tawaran menarik dan menguntungkan yang bisa dia dapatkan dari bank lain.


Ternyata bukan semat-mata produk yang berkualitas dengan harga bersaing dan menguntungkan bagi pelanggan yang membuat mereka setia menjadi pelanggan, tapi kita mungkin harus ingat bahwa individu-individu dengan energi positif yang berinteraksi langsung dengan pelanggan juga bisa menjadi penyebab mereka tetap setia.

Tidak ada komentar: