The Real Customer Service

Saya percaya semua orang bisa menjadi seorang Customer Service, tapi belum tentu semua orang bisa menjadi Customer Service yang baik.

Menurut saya, seorang Customer Service (CS) yang baik adalah, bukan hanya CS yang bisa menjalankan standard pelayanan yang tinggi saja, dengan segala macam langkah-langkah standar yang dimilikiSeorang CS yang baik adalah mereka yang bisa memposisikan diri sebagai pelanggan, sehingga dapat merasakan apa yang dirasakan pelanggan, dengan itu mereka bisa menemukan cara untuk membantu dan memuaskan mereka.

Semua CS bisa mengatakan "itu memang sudah prosedur" tapi tidak semua CS bisa mengatakan "coba saya cari cara untuk membantu anda".Jauh lebih mudah mengatakan "itu memang prosedur" karena urusannya tidak menjadi lebih panjang dan menyusahkan, tetapi itu dia tadi, dibutuhkan kesadaran dan empati dari seorang CS sehingga dia berusaha untuk menemukan cara mengatasi persoalan pelanggan, tanpa harus mematikan harapan pelanggan dengan mengatakan kata-kata ajaib di atas.

Tidak semua CS memiliki kesadaran seperti itu, mungkin kita juga pernah mengalami kejadian dimana, kita pergi kepada pusat pelayanan pelanggan, tapi harus dikecewakan karena tidak mendapatkan solusi atau jalan keluar dari permasalahan anda, bahkan pulang dengan kecewa karena sang CS yang menangani anda sama sekali tidak menunjukkan empatinya atau niat baik untuk membantu anda.Memang tidak semua hal bisa dicarikan jalan keluar yang menyenangkan pelanggan, tapi paling tidak kita akan cukup tidak terlalu kecewa jika sang CS yang menangani kita paling tidak mau menjadi pendengar yang baik dan mampu menunjukkan sikap yang merasakan apa yang kita rasakan.
Jangan lupa, kadang-kadang yang kita butuhkan bukan solusi, tetapi didengarkan.

Tidak ada komentar: