Wawasan

Menurut gw wawasan yang luas merupakan salah satu syaratuntuk menjadi customer service yang baik, karena merekaakan berinteraksi dengan banyak orang dengan berbagaimacam latar belakang pendidikan, pekerjaan, budaya dll,sehingga bila seorang customer service memiliki wawasanyang luas, maka komunikasi yang terjadi saat merekaberinteraksi dengan pelanggan akan berjalanlancar dan menyenangkan.

Mari kita kembali ke sebuah ungkapan yang mengatakanbahwa "pada dasarnya semua orang senang menceritakantentang dirinya sendiri", apalagi bila itu merupakan hal yang sangat dia senangi atau mungkin mereka kuasai.

Untuk mudahnya, kita bisa melakukan riset kecil-kecilan yang bisa kita coba langsung, yaitumemancing teman kita untuk membicarakan hobi mereka,saya agak yakin ketika kita mulai memancing hal ini,mereka akan mulai bersemangat bercerita,bahkan mungkintanpa kita tanya, mereka akan terus bercerita.

Hal seperti ini menurut gw bisa dimanfaatkan saat kitaberinteraksi dengan pelanggan, tetapi kembali lagi ketopik awal pembicaraan kita, semua ini membutuhkanwawasan yang luas dari CS sendiri, karena paling tidakuntuk memancing sebuah pembicaraan, kita bisamelemparkan pertanyaan-pertanyaan awal yang menunjukkankita tau mengenai minat mereka.

Sebagai contoh adalah, ketika seorang CS melihat KTP pelanggan, mereka melihat tempat kelahiran pelangganadalah Sidoarjo, mungkin CS bisa memancing pelanggandengan menanyakan, bagaimana keadaan di Sidoarjoterakhir setelah terjadi luapan lumpur panas disana.Apa yang terjadi seandainya CS tidak pernah membacaberita atau menonton tayangan berita di televisi,mungkin dari materi sederhana ini mereka tidak bisamemanfaatkan dan mengembangkannya menjadi trigerpembicaraan dengan pelanggan.Tapi seandainya mereka tau, bahkan banyak tau tentanglumpur Sidoarjo, bisa saja nanti akan terjadipembicaraan yang intens dengan pelanggan, yang tanpakita sadari telah menciptakan suatu ikatan emosionalatau kedekatan pelanggan dengan perusahaan CSyang bisa saja menjadi faktor "wow"(faktor yang membuatpelanggan merasa mendapatkan lebih dari yang merekaharapkan) dalam pelayanan.
Memang tidak dituntut untuk mengetahui secara detailtentang banyak hal, karena keterbatasan setiap orangjuga, tetapi paling tidak mengetahui sedikit tentangbanyak hal, bisa sangat bermanfaat dalam pekerjaanseorang Customer Service.

Selain itu akan timbul kesan bahwa perusahaan tempat CS itu berkerja, adalah perusahaan yang berhasil mendevelop para pegawainya, menjadi manusia-manusia yang berwawasanluas.

Tidak ada komentar: